blog diaper murah

blog diaper murah
distributor gg

Sunday, May 17, 2009

Manajemen Laktasi

Manajemen Laktasi
Anda bekerja, tak usah kuatirlah pengeluaran membengkak untuk urusan susu anak. PAstikan asi menjadi makanan terbaik bagi bayi anda. Minimal 6 bulan lah bu.. :D
Beberapa permasalahan yang terjadi pada ibu menyusui :
1. Perasaan anakku dah kususuin , tapi kok dia nangis terus ya, apa ASI ku kurang????
Untuk melihat apakah anak anda kekurangan ASI atau tidak cek secara rutin perkembangan nya, baik berat ataupun tinggi. Jika perkembangan anak anda bagus, jadi jangan kuatir anak anda kekurangan ASI anda.
Oh iya, pastikan anda benar dalam menyusui, pengalaman ku, kalo anak benar kita susui, payudara kita gak sakit atau lecet dan produksi susu kita lebih melimpah. Cara nya, tempatkan mulut bayi agar puting kita beserta aerola ( daerah hitam di sekitar puting) masuk ke mulut bayi.Kalo hanya di puting ASI lebih sedikit keluar, dan kita sering lecet.
2. ASIP ku ( Asi peras ) ku kok dikit ya??? Kenapa
mungkin cara peras anda kurang tepat, tenang bu, ASI kita pasti cukup untuk anak kita, keyakinan dan ketenangan dari seorang ibu sangat dibutuhkan. Kalo sang ibu tidak strees dan tetep yakin dan tenang dalam menghadapi sang bayi, insya ALLAH ASI anda cukup. Makin sering asi dihisap oleh bayi maka makin deras lah produksi ASI kita. Jangan males males ya, apalagi di bulan2 pertama, jika bayi anda sedang tidur , dan waktu itu terasa produksi asi anda melimpah, peraslah. Hal ini bisa membuat produksi asi anda makin banyak. Bisa juga dengan cara , memberi satu payudara ke bayi anda, dan satunya anda peras. Lain waktu, payudara yang telah anda peras isi nya berikan ke bayi anda, dan yang lain anda peras, lakukan secara bergantian agar produksinya seimbang.
3. Gimana menyimpan ASI??
 ASi bisa anda simpan di botol kaca. Bisa anda beli di jl. Pramuka Jakarta dalam partai besar. Bisa juga anda gunakan botol You C 1000 yang sudah anda sterilkan terlebih dahulu, atau botol selai.
 Diharapkan 1 kali pemerasan dalam 1 wadah. Karena hal ini mencegah ASI terkontaminasi oleh bakteri karena seringnya anda buka
 Bisa juga disimpan dalam plastik khusus ASI ( punya medela ) ataupun plastik es.
 Jika anda menggunakan ASI untuk 2 hari kedepan , hindari memasukkannya ke freezer, karena akan ada perubahan pada ASI ataupun akan sedikit merusak ASI ( walau begitu ASI masih tetep terbaik lah)
 Untuk ASI yang beku atau dari freezer hindari perubahan suhu yang mendadak, jika anda membutuhkan ASI esok hari, taruh asi yang beku di kulkas bagian bawah malam ini. Besok ASI siap di hangatkan
Cara menghangatkannya :
Taruh asi di botol. Celupkan botol di air hangat. Jangan rebus asi secara langsung ya.
Ada yang berbagi saran lain???

No comments: