blog diaper murah

blog diaper murah
distributor gg

Wednesday, October 21, 2015

Belajar membuat database sederhana(4) - mengenal SQL - DDL - create table, index


Bagaimana menjalankan SQL ? Ada banyak langkah yang dapat diikuti :

  1. Menggunakan PHPmyadmin dan GUInya. Cek disini Instalasi XAMPP 
  2. Setelah instalasi XAMPP selesai, kita bisa menggunakan GUI dari phpmyadmin ketikkan di browser "localhost/phpmyadmin"
  3.  atau menggunakan consul dengan cara menjalankan mysql.exe lokasi file biasanya C:\xampp\mysql\bin 
  4. Atau jalankan command prompt ( ketikan pada start menu > run> cmd) masuk ke folder tempat mysql.exe dengan perintah "cd /xampp/mysql/bin"
  5. Jalankan aplikasi consul dengan perintah "mysql -u root -p" dan enter (-u artinya user database, dari perintah diatas kita masuk sebagai root dan -p artinya password user ) 
Kita bahas DDL untuk mendefinisikan database klinik Langkah yang kita jalankan

  1. membuat data base klinik . Perintah yang digunakan : create database klinik; 
  2. membuat tabel. Tabel yang akan kita buat ada 5 yaitu table dokter, table pasien, table kunjungan, table history, table pelayanan. Atribut akan menjadi field / kolom dalam database. Atribut mempunyai tipe data yang akan kita definisikan di create table ini.


3. Primary key adalah kunci dari tabel tersebut, dimana primary key tiap record tidak boleh sama. Primary key membuat record memiliki identitas sendiri. Primary key membantuk kita saat menjalankan query SQL
Set Foreign key. Foreign Key adalah atribut yang menghubungkan record tersebut dengan tabel yang lain. Sebelum set FOREIGN KEY biasanya ada notifikasi (index hilang pada kolom) pastikan kolom table yang akan dijadikan foreign key telah di index jika notifikasi tersebut muncul.
Perintah memberikan Foreign Key :


Setting FOREIGN KEY



Jika semua perintah sudah dimasukkan akan terlihat ERD database. Cara melihat ER diagram di phpmyadmin di menu Desainer



No comments: